Senin, 09 April 2012

CARA MEMBUAT JEBAKAN GARANGAN

Bila kita punya peliharaan ayam, sering kita dipusingkan dengan binatang pemangsa yang bernama garangan, pengalaman saya sangat banyak dalam hal menangkap garangan, mulai dari menembak pakai senapan angin dan yang terakhir adalah membuat jebakan. Menurut pandangan saya, menjebak garangan lebih efektif daripada menembak karena kita kita tidak perlu mengejar melainkan hanya meninggalkan jebakan dengan cukup meninggalkan  umpan anak ayam / telor busuk. Entah sudah berapa puluh kali saya berhasil menjebaknya. Oh ya....... foto dan sistem kerjanya gimana ?..., sangat gampang.......

 
CARA MEMBUAT JEBAKAN GARANGAN
BAHAN
1.              Kerangka dari besi  ukuran Panjang = 1 m, Lebar =0.5 m, Tinggi=0.5m
2.              Kawat ram yang kuat (berdiameter besar )untuk menutup tepi dan juga sekat pembatas antara ruang  anak ayam dan ruang jebakan
3.              Kawat keras (bisa di ambil dari kawat penahan jendela )/ tentukan tengahnya lalu bengkokkan kawat seperti gambar dibawah
4.              Kawat kecil untuk menaruh umpan ±5 cm
5.              4 mur untuk di temple dipintu
6.              Plat besi untuk pintu ( sebaiknya dibuat agak lebar dan posisi pintu dibawah / seperti gambar, agar pemangsa mudah menemukan pintu masuk )
7.              batang besi bulat tinggi 0.5m sebanyak 2buah untuk  rel pintu naik dan turun
8.              Papan triplek untuk injakan garangan
9.              Senar untuk penghubung papan injakan garangan dengan kawat keras




 BENTUK JEBAKAN



 BENTUK PINTU



CARA KERJA
Sebelum saya ulas tentang system kerja jebakan ini , maka sebaiknya tentukan umpan dulu. Umpan  manjur yang sering saya gunakan biasanya berupa anak ayam, usus ayam dan telur busuk.Berdasarkan pengalaman, saya hanya menggunakan telur yang sudah busuk kemudian di gantung dikawat kecil diatas papan injakan .Bila papan terinjak garangan maka senar akan menarik kawat keras yang mengakibatkan lubang penahan pintu terlepas. Lalu tertutuplah pintu
Mengapa pintu terbuat dari plat tipis ?.
Sekedar tahu saja bahwa garangan ini selain kuat juga cerdik. Dia akan keluar dari pintu yang sama seperti saat dia masuk. Bila pintu dari ram maka garangan akan mencoba mematahkan /  mengangkat pintu sehingga garangan bisa lolos. Bila menggunakan plat maka garangan akan sulit untuk mengangkat pintu. Boleh menggunakan pintu ram tetapi harus di sertai pengunci tambahan agar garangan tidak bisa mengangkat pintu. Garangan juga lebih senang mematahkan kawat ram yang punya lubang lebar .Maka dari itu Lebih baik siapkan satu sisi dari ruang jebakan terbuat dari lubang ram lebar dan kuat, misalnya ram dari bekas penutup neon panjang dengan tujuan untuk mengawetkan ram kecil dari gigitan garangan,
Oh ya, …………………….. jangan lupa buat juga pintu untuk ruangan  anak ayamnya.

 Dibawah ini hasil tangkapan dengan menggunakan jebakan sederhana dengan pintu masuk model ram ( Maaf, mungkin gambar tidak jelas karena diambil menggunakan HP )

video



video


OKE ……………………….SELAMAT MENCOBA..... KAMI MENGHARAPKAN KOMENTAR DAN KOREKSI SERTA TAMBAHAN  UNTUK LEBIH MENYEMPURNAKAN  ARTIKEL KECIL INI.



LINK  TERKAIT    :
Jual bibit ayam ketawa murah di Gempol, Pasuruan, Jatim


14 komentar:

  1. Infonya sangat bermanfaat gan,terima kasih sudah berbagi.

    BalasHapus
  2. menarik sekali gan.di ane banyak sekali garangan sama luwak bingung nanganinnya,dengan adanya ulasan agan mudah2an bisa mengatasi masalah.

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  5. ada no telp ya bisa dihub mas? ini nopeku anto 085227497777

    BalasHapus
  6. ada no telp yang bisa dihub mas.... anto cilacap 08522749777

    BalasHapus
  7. ada no telp yang bisa dihub mas.... anto cilacap 08522749777

    BalasHapus
  8. ada no telp yang bisa dihub mas.... anto cilacap 08522749777

    BalasHapus
  9. ada no telp yang bisa dihub mas.... anto cilacap 08522749777

    BalasHapus
  10. ada no telp yang bisa dihub mas.... anto cilacap 08522749777

    BalasHapus
  11. Mas pengen liat sendiri buatan mas, saya tertarik untuk membuatnya, bisa sms ke no saya 085732924469

    BalasHapus
  12. Saya sudah coba menggunakan bekas kandang kucing yg sudah di rubah menjadi seperti yg sudah di jelaskan di atas, tapi yg mem buat saya bingung cara memasang kawat ke senar nyambung ke triplek nyA itu tuh. Tripleknya malah ketarik ke atas. gimana tuh

    BalasHapus